ads

19 Mei 2013

Mengenal Morning Sickness pada Awal Kehamilan

muual, pusing dan muntah
Salah satu fase yang akan dialami oleh sebagian besar ibu hamil adalah morning sickness. Morning sickness menimpa 2/3 wanita diseluruh dunia. morning sickness dimualai pada trimester pertama dan berakhir pada trimester kedua. untuk anda yang sedang mengalami morning sickness, penting untuk mengetahui lebih dekat apa itu morning sickness sehingga anda dapat mengatasinya dengan baik nantinya.

Morning sickness merupakan pusing, mual dan muntah-muntah yang biasanya terjadi di pagi hingga siang hari. Pada beberapa wanita, morning sickness bahkan berlanjut hingga sepanjang hari. Morning sickness terjadi pada awal kehamilan. Biasanya muncul pada minggu ke 4 hingga berlanjut pada minggu ke 16 paling lama. Lama dan kadar beratnya morning sickness berbeda pada setiap wanita. Pada sebagian wanita hamil, morning sickness dapat begitu berat dan menggangu aktifitas.

Morning sickness juga mengganggu selera makan. Pengalaman penulis ketika hamil, morning sickness bukan hanya mengacaukan selera makan, tapi juga membuat tubuh begitu lelah hingga selalu ingin tidur. Tubuh juga menjadi begitu malas untuk beraktifitas. Pada sebagian wanita lain, morning sickness tidak akan seberat itu. Bahkan ada yang tidak mengalami morning sickness sehingga tidak menyadari kehamilannya. Morning sickness merupakan hal yang alami terjadi pada ibu hamil. Jadi jangan khawatir ketika anda mengalaminya. Namun, morning sickness yang berlebihan dan tidak diatasi dengan baik, akan menyebabkan penurunan berat badan. Kondisis ini disebut hiperemesis gravidarum yang jika parah memungkinkan anda harus memperoleh perawaan medis bahkan rawat inap dirumah sakit.

Morning sickness dipicu oleh beberapa hal, yakni;

  • Rendahnya kadar gula dalam darah
kadar gula darah yang rendah merupakan akibat dari perut yang kosong karena tidak terisi makanan, sehingga memicu mual. Jadi ketika anda mengalami morning sickness konsumsilah makanan dalam jumlah yang kecil namun sering.
  • peningkatan serum hCG (human chorionic gonadotopin)
peningkatan serum hCG (human chorionic gonadotopin) dalam tubuh juga merupakan penyebab munculnya morning sickness. Setelah pelekatan embrio, tubuh akan memproduksi serum HCG dan akan terus meningkat hingga minggu ke 12. Itulah mengapa pada kebanyakan wanita, morning sickness akan menghilang setelah minggu ke-12.

  • Hormon esterogen yang meningkat
Hormon ekstrogen yang meningkat dapat memicu muntah pada wanita hamil dan perut yang tertekan akibat perubahan rahim yang membesar pun menjadi penyebab mual.

  • Progesteron (hormon kehamilan)
Progesteron (hormon kehamilan) membuat otot-otot menjadi lemas untuk memudahkan perlekatan embrio, hal ini akan berefek melambatnya kerja lambung dan pencernaan. Perlambatan kerja lambung ini mengakibatkan asam lambung berlebih karena tidak diimbangi pergerakan sistem pencernaan dalam mengangkut makanan. Berlebihnya asam lambung membuat anda ingin mual dan muntah.

Morning sickness memang tidak bisa dihilangkan atau disembuhkan, karena morning sickness merupakan hal yang alamaiah terjadi. Namun morning sicness dapat diatasi sehingga akan mengurangi keluhan pada penderita. Hal yang harus anda perhatikan ketika mengalami morning sickness adalah makanan. Perasaan mual ketika morning sickness membuat anda menghindari makanan. Cobalah cari tahu makanan yang bisa anda onsumsi dan konsumsilah dalam jumlah yang kecil namun sering. Jangan sampai anda tidak makan karena akan menganggu pertumbuhan janin anda.

Selain memperhatikan makanan, anda juga harus menghindari pemicu morning sickness. Pada wanita yang mengalami morning sickness biasanya akan begitu sensitif terhadap bau-bau tajam. Objek baunya bisa beragam disetiap wanita. Namun pada umumnya bau-bau menyegarkan seperti bau jeruk atau lemon dapat membuat lebih nyaman dan meringankan morning sickness. Berjalan meghirup udara segar dan terbuka dipagi hari juga dapat membantu. jika anda merasa mual, cobalah memakan permen asam yang dapat meningkatan produksi air liur.

Pada awal kehamilan anda akan disarankan unttuk beristirahat dnegan penuh. istirahat penuh juga dapat membantu merinngankan morning sickness. namun harus ingat untuk bergerak sekali-kali supaya otot anda tidak kaku dan lemas.

Morning sickness memang merupakan hal yang berat untuk dijalani oleh para calon ibu namun bisa menjadi bahan cerita yang asik ketika sudah usai. bagaimanapun, morning sickness merupakan rangkaian alami yang yang terjasi di kehamilan sehingga juga merupakan fase yang membahagiakan demi menunggu buah hati lahir dengan sehat dan selamat. yang paling penting ketika anda sedang morning sicness adalah cobalah untuk selalu berbahagia dengan memikirkan calon bayi anda. ketika anda bahagia, morning sickness tidak akan terlalu berat untuk dijalani. selamat untuk anda para ibu hamil!

Mengenal Morning Sickness pada Awal Kehamilan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown