ads

23 Mar 2013

Cara Efektif Hadapi Diabetes dengan Oyong atau Gambas

manfaat sayur oyong
Oyong atau Gambas sangat bermanfaat
dan nikmat diolah menjadi sayur
Oyong merupakan salah satu sumber makanan sehat. Masyarakat Jawa Barat memiliki kebiasaan mengkonsumsi oyong 2 hingga 3 biji perhari selama dua minggu untuk menyambut tes kesehatan ketika hendak mendaftar haji. Awalnya mungkin kita mengira ini berhubungan dengan mitos.

Tapi setelah diuji oleh Dr I Ketut Adnyana, periset Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung (SF ITB) yang penasaran dengan fenomena oyong di Jawa Barat ini, ternyata oyong terbukti bermanfaat untuk mengurangi kadar gula darah secara signifikan.

Oyong atau gambas ini merupakan sayuran yang memiliki serat yang cukup tinggi. Energi yang dihasilkan oyong juga rendah, jadi cocok untuk para pelaku diet sehat untuk mengurangi berat badan. Yang paling mengagumkan adalah kandungan biji oyong yang secara empiris telah dibuktikan dapat mengurangi kadar gula dalam darah.

Biji oyong mengandung suatu zat yang disebut cucurbitacin, yang dipercaya sebagai zat yang dapat mengurangi kadar gula dalam darah. Itulah mengapa biji oyong sangat baik bagi penderita maupun yang memiliki kecenderungan diabetes.

Selain sebagai obat anti diabetes, oyong atau gambas sangat bagus untuk ibu menyusui untuk meningkatkan produksi air susu ibu. Oyong juga sering dimanfaatkan untuk meneyembuhkan berbagai penyakit lain seperti cacingan, asma, radang usus, radang kelenjar telinga, radang tenggorokan serta untuk melancarkan peredaran darah.

Selain cucurbitacin, oyong juga mengandung saponin triterpen, luffein, citruline. Dalam getah oyong terdapat kandungan seperti saponin, lendir, lemak, protein, vitamin B, dan vitamin C. Jadi ketika akan mengolah oyong sebagai sayur, cukup mengupas dan kemudian mencuci bersih oyong sebelum dipotong. Agar kandungan lendir didalamnya tidak hilang sehingga manfaatnya dapat dipertahankan.

Banyaknya manfaat yang bisa didapat dari mengkonsumsi oyong terutama mereka yang mengidap penyakit diabetes, membuat kita seharusnya tidak ragu lagi untuk menghadirkan oyong atau gambas dalam menu sehat sehari-hari.

Selain harganya yang terjangkau, oyong juga sangat mudah didapat dan gampang untuk diolah. Jadi tunggu apa lagi, jadikan mengkonsumsi oyong sebagai rutinitas sehat anda demi hidup yang lebih baik dan sehat. Salam sehat!

Baca juga : Resep Sayur Sup Oyong

Cara Efektif Hadapi Diabetes dengan Oyong atau Gambas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown